Butuh Jasa Ghostwriter? Kamu Perlu Pahami Ini

Ghostwriter membantu orang sibuk atau non-penulis menceritakan kisah yang ingin mereka bagikan kepada dunia. Entah mereka membantu orang-orang terkenal dalam menceritakan kisah hidup mereka, membantu wirausahawan sibuk berbagi wawasan bisnis mereka, atau membimbing penulis yang kurang terampil melalui proses mewujudkan konsep, Ghostwriter bekerja keras, dan mereka berkomitmen kepada Anda untuk menulis buku.

Bagaimana Anda bisa yakin bahwa seorang Ghostwriter tepat untuk proyek Anda? Bagaimana Anda mengidentifikasi Ghostwriter yang tepat untuk membantu Anda mewujudkan buku impian Anda?

Kapan harus menggunakan Ghostwriter?
Bagaimana Anda tahu jika menggunakan Ghostwriter profesional untuk proyek Anda masuk akal?

Beberapa keuntungan paling signifikan dari menyewa seorang Ghostwriter adalah tulisan berkualitas tinggi, penghematan waktu, dan kemungkinan besar proyek akan selesai sesuai keinginan Anda. Seorang penulis untuk orang lain yang baik akan membantu memastikan bahwa ide-ide Anda bisa dituliskan dengan baik dan tidak hanya tinggal di kepala Anda selamanya.

Anda dapat menggunakan Ghostwriter untuk proyek dengan ukuran berapa pun. Beberapa Ghostwriter berspesialisasi dalam proyek-proyek kecil. Misalnya, mereka mungkin menulis buku biografi, novel, pengembangan diri atau postingan blog untuk orang-orang yang memiliki keahlian khusus tetapi tidak memiliki waktu, keterampilan menulis, atau pengalaman SEO untuk membuat postingan yang menghasilkan prospek untuk blog perusahaan. Ghostwriter bahkan dapat membantu membuat profil media sosial atau postingan LinkedIn yang menarik untuk para Direktur yang sibuk.

Penulis untuk orang lain juga dapat dipekerjakan pada proyek-proyek besar seperti penulisan buku fiksi atau nonfiksi berdurasi penuh. Misalnya, seorang wirausahawan yang sibuk mungkin memiliki konsep menarik yang ingin mereka tawarkan sebagai buku bisnis yang diterbitkan sendiri untuk dijual di Amazon, namun mereka mungkin menyewa penulis untuk orang lain untuk melaksanakannya.

Bagaimana menemukan dan mempekerjakan seorang Ghostwriter?
Jika Anda siap untuk mencari penulis lepas untuk membantu proyek Anda, berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk memilih dan mempekerjakan penulis lepas yang tepat, yang paling cocok untuk mencapai tujuan Anda:

  • Tentukan proyek Anda
  • Tentukan anggaran Anda
  • Cari Ghostwriter
  • Setujui biaya dan persyaratan proyek
  • Mulailah dan pertimbangkan kemitraan jangka panjang

Tentukan proyek Anda
Langkah pertama adalah memahami dengan jelas apa yang diperlukan dalam proyek Anda. Apakah proyek tersebut akan berupa fiksi atau nonfiksi? Berapa banyak konten yang telah Anda kumpulkan, dan apakah Anda siap membagikannya kepada penulis? Apakah Anda memerlukan penelitian khusus untuk meletakkan dasar bagi proyek Anda?

Sebelum menginvestasikan waktu dan uang Anda, Anda juga harus memahami dengan jelas apa yang ingin Anda capai dengan produk akhir. Anda dapat menemukan penulis untuk orang lain dengan pengalaman relevan dalam penerbitan mandiri, SEO, atau keterampilan khusus lainnya yang dapat membantu membedakan mereka sebagai yang paling cocok untuk pekerjaan tersebut.

Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menyesuaikan kebutuhan Anda dengan pengalaman calon kolaborator Anda.

Tentukan anggaran Anda
Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang kisaran anggaran Anda sebelum mulai mencari Ghostwriter. Penulis berpengalaman mengenakan biaya yang bervariasi. Namun, Anda harus memiliki gagasan yang jelas dan akurat tentang jumlah yang dapat Anda bayar pada awalnya—atau jumlah yang bersedia Anda bayarkan—sebelum memulai pencarian.

Memiliki anggaran juga akan berguna jika Anda berencana memposting proyek Anda secara online untuk menarik calon penulis. Menyertakan kisaran anggaran Anda akan menghemat waktu Anda saat meninjau proposal dari penulis yang meminta bayaran lebih tinggi untuk karyanya daripada yang Anda rencanakan untuk dibayar.

Cari Ghostwriter
Setelah Anda menentukan proyek dan anggaran, Anda dapat mencari profesional menulis berpengalaman. Anda  dapat membaca karya-karya beberapa kandidat Ghostwriter  untuk melihat apakah gaya mereka sesuai dengan apa yang Anda bayangkan. Setelah Anda menemukan dua atau tiga penulis yang dapat Anda ajak bekerja sama, Anda akan dapat menghubungi mereka secara langsung untuk mengetahui apakah proses dan gaya komunikasi mereka cocok dengan Anda.

Jika Anda sedang mempertimbangkan kerja sama dengan seorang Ghostwriter atau ingin memastikan kemitraan tersebut akan menguntungkan Anda berdua, Anda mungkin ingin memulai dengan memesan sampel tulisan berbayar sebelum terjun ke salah satu proyek utama Anda. Membayar sampel menunjukkan kepada penulis itikad baik Anda, dan ini memberi Anda kesempatan untuk mengevaluasi karya mereka sebelum berkomitmen pada proyek yang lebih besar bersama mereka.

Jika Anda ingin menyelesaikan proyek buku, salah satu teknik yang mungkin Anda terapkan untuk menemukan Ghostwriter adalah dengan mencari buku yang ditulis dengan gaya yang Anda cari, lalu mencari kontaknya

Setujui biaya dan persyaratan proyek
Setelah Anda menemukan Ghostwriteryang tepat, inilah saatnya menyetujui biaya dan ketentuan proyek. Saat membuat persyaratan proyek, menguraikan dengan jelas hasil proyek dan persyaratan pembayaran sangatlah penting.

Persyaratan proyek harus menentukan hal berikut.

  • Perjanjian larangan pengungkapan informasi rahasia. Setiap kontrak penulisan untuk orang lain harus memuat NDA untuk memastikan bahwa penulis tidak mengungkapkan sifat hubungan atau informasi lain apa pun tentang karya yang akan datang kepada pihak ketiga.
  • Penagihan dan revisi. Persyaratan penulisan proyek biasanya ditetapkan dalam salah satu dari tiga cara: harga tetap untuk proyek yang diselesaikan, per kata, atau per jam. Jika penulis perlu memberikan layanan tambahan—seperti penelitian, wawancara, SEO, atau desain grafis—hal ini juga harus dirinci dalam kontrak. Sejumlah penulisan ulang atau revisi tertentu juga harus dimasukkan sebagai bagian dari perjanjian awal.
  • Hak cipta. Kekayaan intelektual buku harus menjadi milik pembeli setelah proyek selesai dan dibayar. Cantumkan secara spesifik apakah Ghostwriter berhak mereferensikan proyek tersebut dalam portofolio karyanya atau hak untuk menggunakan konten tersebut dengan cara lain.
  • Royalti. Jika Anda terbuka untuk membagi royalti dari buku Anda dengan Ghostwriter, Anda harus menyertakan persyaratannya terlebih dahulu. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan royalti bersama untuk mendapatkan harga karya yang lebih rendah pada awalnya. Ini bisa sangat membantu jika Anda baru memulai dengan anggaran kecil. Apa pun pilihannya, jika Anda berniat membagi royalti, tuliskan detailnya ke dalam kontrak.
  • Aturan untuk penghentian. Ada kemungkinan kemitraan penulisan untuk orang lain berakhir sebelum produk jadi dikirimkan. Jika ada komplikasi yang menyebabkan proyek terhenti atau berakhir sebelum seharusnya, Anda harus dapat kembali pada seperangkat aturan penghentian yang telah disusun sebelumnya jika salah satu pihak ingin menghentikan pengerjaan proyek sebelum proyek selesai.

Mulailah dan pertimbangkan kemitraan jangka panjang
Setelah Anda mulai berhasil bekerja dengan Ghostwriter, pertimbangkan gagasan untuk menjalin kemitraan jangka panjang dengan mereka. Anda dan Ghostwriter mungkin telah menginvestasikan banyak waktu untuk menyempurnakan gaya penulisan. Anda dapat memanfaatkan suara yang telah Anda ciptakan dengan susah payah di media lain seperti podcast, postingan blog, atau buku masa depan.

Berapa biaya penulis untuk orang lain?
Tiga cara paling umum yang dikenakan penulis untuk layanan penulisan hantu adalah berdasarkan kata, per jam, atau berdasarkan proyek. Harga dasar umumnya hampir sama dengan cara apa pun yang dipilih penulis untuk ditagih.

Jadi, bagaimana Anda mengetahui berapa banyak Anda harus membayar seorang pengarang untuk orang lain?

  • Pengalaman. Penulis dengan lebih banyak pengalaman akan mengenakan biaya lebih dari seorang pemula.Untuk biaya jasa penulisan sebuah buku di Indonesia berkisar dari Rp 20-8o juta perbuku.
  • Ruang lingkup dan kompleksitas proyek. Apakah penelitian diperlukan? Apakah penulis akan melakukan atau mengedit wawancara? Apakah penulis perlu mencari individu untuk diwawancarai? Sebuah proyek dengan garis besar yang telah ditentukan dan penelitian yang telah selesai akan memakan biaya lebih murah daripada proyek yang harus dibangun dari awal. Penulis dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menambah nilai proyek Anda akan mengenakan biaya lebih banyak sebagai kompensasi atas keahlian dan waktu yang diperlukan.
  • Keahlian khusus. Jika subjek Anda adalah bidang teknis, misalnya buku kedokteran atau teknik, Anda mungkin ingin mencari penulis yang berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang terbukti di bidang tersebut. Para ahli di bidang teknis kemungkinan besar akan mengenakan biaya lebih banyak dan sepadan dengan biaya tambahannya.
  • Jenis konten. Penulisan buku membutuhkan lebih banyak waktu untuk menguraikan, mengoreksi, dan mengatur daripada satu posting blog, misalnya. Namun, biaya yang lebih tinggi mungkin disebabkan oleh lebih dari sekedar penambahan panjang. Seorang Ghostwriter juga dapat mengembangkan strategi blogging SEO yang menambah nilai pada proyek yang lebih kecil.
  • Audiens. Jika tulisannya menargetkan khalayak umum, harga biasanya akan lebih rendah dibandingkan konten yang ditujukan untuk khalayak dengan pemahaman tingkat lanjut tentang suatu topik. Sebagai contoh, seorang Ghostwriter yang membuat buku anak-anak mungkin mengenakan biaya kurang dari seorang penulis buku cara meretas website. Semakin teknis atau terlibat penulisannya, semakin sedikit orang yang dapat menghasilkan konten berkualitas di bidang tersebut. Tentu saja, pekerjaan akan lebih mahal jika lebih terspesialisasi.

Pro dan kontra menggunakan penulis untuk orang lain
Menggunakan penulis untuk orang lain untuk membuat proyek menulis Anda memiliki pro dan kontra. Mari kita bahas beberapa di antaranya:

Kelebihan menggunakan pengarang untuk orang lain
Anda akan menghemat banyak waktu Anda
Anda dapat mendongkrak kepakaran Anda
Proyek ini kemungkinan besar akan selesai tepat waktu
Anda tidak perlu belajar menjadi pemilik bisnis dan penulis pada saat yang bersamaan
Ini akan menghasilkan tulisan yang berkualitas lebih tinggi (jika Anda sendiri bukan seorang penulis)
Kontra menggunakan penulis untuk orang lain
Pengarang untuk orang lain yang baik bisa jadi mahal
Anda mungkin kesulitan menemukan orang yang cocok dengan pemikiran Anda
Menemukan dan memilih penulis yang tepat untuk kebutuhan Anda mungkin memerlukan waktu

Bagaimana cara mengetahui apakah penulis untuk orang lain cocok untuk proyek Anda?
Anda tidak hanya mencari Ghostwriter yang berbakat; Anda sedang mencari seseorang yang cocok untuk Anda dan kebutuhan spesifik proyek Anda. Sebaiknya Anda fokus mencari calon Ghostwriter yang sesuai dengan visi Anda. Ingat, pekerjaan mereka akan secara langsung mencerminkan Anda dan apa yang Anda lakukan, meskipun hanya nama Anda yang tercantum di sampul buku.

Berikut adalah atribut utama yang harus Anda cari ketika memilih Ghostwriter yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

Pastikan mereka cocok dengan pemikiran dan “energi” Anda
Carilah seseorang yang berkomunikasi dengan jelas dan tepat waktu
Mereka harus dapat menavigasi teknologi atau metode kolaborasi pilihan Anda
Ghoswrter harus transparan mengenai biaya atau biaya tambahan di muka
Pastikan mereka secara konsisten menyelesaikan kiriman tepat waktu

Nah, Apakah Anda ingin memakai jasa Ghostwriter? Atau ingin menulis buku tapi belum tahu caranya? Ingin didampingin dalam menulis buku? Hubungi saya.

Sumber: Upwork.com

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply