Nurture Vs Nature

Nurture Vs Nature “Ih, lo kok pendiem sih?” “Eh dia persis banget dengan emaknya ya.” “Tahu nggak sih, Dedi tuh anak kyai tapi kelakuannya kayak bandar narkoba akibat salah pergaulan.” Pernah kamu mendapati pertanyaan mirip di atas? Atau mungkin pertanyaan […]

Read More »

Mengelola Ekspektasi

Kita memang tak dapat menentukan dari mana kita berasal: di mana kita lahir, siapa ibu yang melahirkan dan bagaimana kondisi sosial di sekitar dll. Namun, kita semua bisa menentukan jalan hidup seperti apa yang ingin kita tempuh. Ada orang yang […]

Read More »

Makna Keturunan

“Hei, sudah punya momongan belum?” Pertanyaan ini begitu klise untuk dibahas. Namun, begitulah kenyataannya. Bagi pasangan yang hidup di alam budaya Indonesia, mendapati pertanyaan tersebut pasti tidak mengagetkan. Mungkin maksud si penanya baik. Namun, tak banyak yang menyikapi secara berbeda. […]

Read More »

Merasa Bisa, Bisa Merasa

Dulu aku pernah tinggal di “penjara suci”, sebutan untuk pondok pesantren. Disebut penjara karena bagi teman-teman yang bandel, asrama laksana jeruji yang sarat dengan aturan. Disebut sucu karena misi lembaga pendidikan Islamnya. Aku menikmati empat tahun sebagai santri. Setahun pertama […]

Read More »

Penerimaan Diri

Stres? Kecewa? Sakit hati? Menyesal? Depresi? Marah? Kesal? Saya yakin kamu pernah mengalami setidaknya salah satu dari keadaan di atas. Sebagaimana halnya saya. Dalam hidup, kita tak dapat mengendalikan peristiwa yang terjadi. Kita pun tak dapat mengontrol sikap orang lain. […]

Read More »

Ilusi Kepemilikan

“Sudah 10 tahun merantau, lo sudah punya apa aja?” Itu adalah pertanyaan yang kulontarkan kepada diri sendiri. Di abad digital seperti sekarang agaknya sebagian besar orang memamerkan kepemilikannya yang ditampilkan di akun-akun media sosialnya. Mereka pikir, orang lain bisa takjub […]

Read More »
error: Content is protected !!