Books

Jadi, Kamu Pilih Jurusan HI?

HIWeb

Buku ini sengaja saya tulis untuk adik-adik yang ingin mengambil jurusan Hubungan Internasional (HI). Di dalamnya, saya beberkan dari A ke Z mengenai jurusan yang “katanya” cukup favorit itu. Mulai dari kurikulum, dinamika organisasi kemahasiswaan, KKN, magang, tugas akhir, prospek pekerjaan, networking, ‘go international’, dan panduan mengenali jati diri berbasis multipendekatan (Self-Help). Oh ya, juga ada kurasi profil para alumni kenamaan lintas generasi, lintas perguruan tinggi, dan lintas profesi. Dari Menteri, Artis, Pesulap, Penulis, Pengusaha, Aktivis NGO, Diplomat, Bankir, Bupati, Grafolog, Coach, Sociopreneur, dan seterusnya.

 

 

Mantra Kehidupan

MantraWebBuku ini memandu para sarjana baru dan early jobbers untuk melewati fresh graduate syndrome dan krisis seperempat baya. Karena penulis secara pribadi pernah terjerembab dalam krisis seperempat baya yang menguras emosi. Terpaan badai fresh graduate syndrome yang membuatnya menjadi “kutu loncat”, hilang arah, jatuh di titik terendah dalam hidup, berpetualang selama setahun dalam misi sabbatical, hingga menemukan diri yang baru. Mirip roller coaster. Terinspirasi dari kisah nyata yang dialami penulis, buku ini diperkuat oleh riset dari berbagai institusi.  Termasuk survei pribadi yang melibatkan lebih dari 200 orang di 20 provinsi dan 27 kota di tanah air serta 8 kota di 7 negara. Mulai dari profesor, bankir, pengacara, pengusaha, guru, artis, hingga pemuka agama.

 

The Ambassadors’ Journey

AmbasBuku ini hadir untuk mematahkan anggapan bahwa ajang pemilihan duta wisata hanyalah buang-buang anggaran saja. Karena ada begitu banyak hal positif yang didapatkan dari kegiatan tersebut. Pemerintah sendiri terbantu karena jebolan ajang ini membantu mereka dalam program-program promosi maupun pengembangan pariwisata dan kebudayaan. Masyarakat diuntungkan karena para duta tersebut bisa menjadi “penyambung lidah” inspirasi. Juga memaparkan pengalaman pribadi penulis sebagai seorang alumni duta wisata yang diperkuat dengan survei yang melibatkan ratusan alumni duta wisata dari Sabang sampai Merauke. Ditambah lagi dengan kurasi profil para alumni duta wisata yang sekarang menjadi figur publik dan menginspirasi. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan tips dan trik menjadi seorang duta wisata yang keren.

 

 

SOUP Lezat, Usaha Hebat

SOUPWebBuku ini mengenalkan konsep Balanced Pillar sebagai alternatif Balanced Scorecard dengan gaya bertutur dan diksi yang membumi. Digodok bersama oleh tim solid yang berisi CEO di perusahaan multinasional & lokal, pengusaha, konsultan manajemen dan praktisi SDM; buku ini dilengkapi dengan kuisioner untuk membantu pembaca menilai organisasi secara paripurna dari empat aspek yang tak dapat dipisahkan yaitu sistem, orang, uang, dan pelanggan (SOUP). Sarat dengan studi kasus, lessons learned, best practices, dan temuan mutakhir dari persepektif lokal dan global; buku ini layak menjadi teman sekaligus guru yang mengajak pembaca belajar mengukur keseimbangan proses guna mewujudkan kinerja organisasi secara berkelanjutan – baik untuk lembaga profit maupun non-profit. Sehingga wajib digunakan sebagai “panduan” untuk pebisnis, direktur, manajer, Self-Employee, konsultan, mahasiswa, maupun masyarakat  luas.

 

Sabbatical 

Untitled13Buku ini menuturkan kisah nyata penulis mengambil Sabbatical. Suatu fase yang dimanfaatkan untuk mencari jati diri. Suatu masa yang diisi untuk menemukan apa  yang disebut dengan kebahagiaan. Suatu periode yang membawanya mewawancarai lebih dari 1200 orang dari semua strata sosial untuk menceritakan apa makna hidup. Dari pengamen sampai presiden. Dari bhiksu sampai jenderal. Dari penyanyi sampai profesor. Disajikan dengan gaya bertutur tanpa menggurui, buku ini mengajak pembaca melihat kehidupan dari sisi lain. Berhenti sejenak dari kesibukan untuk menemukenali diri sendiri (self-discovery), mencari tahu apa yang paling dianggap penting dalam hidup, dan mendatangkan kebahagiaan tanpa syarat. Lebih dari itu, memoar ini menyadarkan pentingnya mencari jati diri sebelum mematok goal yang lekat dengan be, do, dan have.

error: Content is protected !!