4 Pilar Kebahagiaan

Bahagia.

Apa yang kamu pikirkan tentang kata yang satu itu?
Yang pasti, setiap orang mendambakan kebahagiaan. Setiap insan memang memiliki definisi dan cara tersendiri untuk mencapainya.
Ketika aku masih duduku di bangku SMA, guruku memiliki wejangan. Bahwa manusia bisa mencapai derajat kebahagiaan jika melakukan empat hal.
Pertama, syukur. Artinya kita dengan ikhlas menerima segala hal yang terjadi pada diri kita. Tanpa menghakimi. Berlapang dada menjalani takdir-Nya.
Kedua, taubat. Kita senantiasa memohon ampun kepada Tuhan akan segala dosa yang kita buat. Dengan cara ini, kita bisa makin ingat dengan kematian. Dari titik ini, kita semestinya akan menjalani hidup sebaik mungkin tanpa keluh kesah.
Ketiga, sabar. Artinya kita dengan tabah menjalani segala ujian yang menghampiri. Senantiasa berpikir positif dan berprasangka baik dengan segala ketentuan-Nya.
Keempat, tawakkal. Artinya kita menyerahkan hasil kepadanya setelah berupaya. Karena apapun yang terjadi merupakan kehendak-Nya. Kita tidak mendikte. Namun justru siap dengan segala hasil yang diberikan kepada kita.
Nah, itulah empat pilar kebahagiaan. Apakah kamu sudah pernah mempraktikkan keempatnya? Ataukah baru sebagian.
Agung Setiyo Wibowo
Depok, 22 Juni 2020
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Edit