Buah dari Pengasuhan

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar pengasuhan?

Aku sendiri baru belajar sungguh-sungguh ketika mengetahui bahwa istriku hamil. Lebih rajin lagi ketika anak pertamaku lahir.
Pengasuhan seringkali dianggap remeh. Padahal ini jauh lebih penting daripada pendidikan formal dan pengaruh lingkungan.
Memang, pendidikan dan pergaulan tidak kalah penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Namun, yang terpenting sejatinya adalah pola asuh orang tua. Karena di rumahlah cetak biru hingga peta jalan kehidupan dirancang.
Kamu tahu mengapa perbedaan pendapat pada pasangan suami istri kerap terjadi? Tak lain adalah pola asuh orang tua yang tidak sama. Secara alami, anak akan meniru apa yang dilihat, didengar, dirasakan atau diajarkan orang tuanya.
Anak ibarat kertas putih yang siap dilukis orang tuanya. Anak laksana masakan yang resepnya diracik oleh ayah ibunya.
Tak terhitung berapa banyak masalah orang dewasa yang bersumber dari pola asuh orang tua. Dari LGBT, kebimbangan memilih karier, narkoba, pembunuhan, pencurian, KDRT hingga keputusan untuk menjomblo seumur hidup.
Bagi kamu yang saat ini menjadi orang tua, bersyukurlah. Karena di luar sana banyak pasangan yang tidak kunjung diberi momongan. Namun, kamu perlu ingat bahwa anak adalah ujian yang kelak diminta pertanggungjawaban di alam akhirat.
Tabik.
Agung Setiyo Wibowo
Jakarta, 5 Maret 2020
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Edit