Mendobrak Batas: Strategi Kuliah Minim Biaya Dari Orang Tua

Mendobrak Batas

Kuliah memang bukan satu-satunya faktor yang menjamin kesuksesan seseorang.  Namun, kuliah ialah salah satu jalan terbaik untuk mengubah nasib.

Perguruan tinggi ibarat kawah candradimuka untuk menaikkan “derajat”.  Baik dalam perspektif sosial, finansial, politik atau yang lainnya.

Memang benar, banyak pengusaha sukses yang tidak menamatkan pendidikan tingginya. Sebut saja Steve Jobs (Apple), Michael Dell (Dell Technologies), Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook), Larry Ellison (Oracle) dan seterusnya. Namun kalau boleh jujur, ada lebih banyak orang sukses  di semua bidang yang pernah merasakan bangku kuliah – terlepas mau menyelesaikannya atau keluar di tengah jalan.

Sayangnya, biaya pendidikan tinggi tidak mudah. Sehingga, setiap tahunnya jutaan anak Indonesia mengubur mimpinya untuk menikmati perkuliahan.

Buku ini hadir untuk memotivasi pembaca agar tidak cepat menyerah dalam memperjuangkan pendidikan tinggi.  Yaitu dengan memaparkan berderet strategi kuliah tanpa membebani orang tua. Mulai dari beasiswa, bekerja  dulu – kuliah kemudian, kuliah sambil kerja, pinjaman pendidikan dan sekolah kedinasan.

 

Apa Yang Dibahas Dalam Buku Ini?

  • 31 Kisah Pejuang Diploma dan Sarjana Dari Sabang sampai Merauke
  • Jurus Meraih Beasiswa Penuh dan Parsial Dari Lembaga Pemerintah, Perguruan Tinggi, Individu, dan Swasta
  • Tips Bekerja Lepas (dan Paruh Waktu) Sambil Kuliah
  • Rahasia Memilih Pinjaman Dana Pendidikan
  • Trik Menembus Sekolah Kedinasan

 

Keunggulan Naskah

  • Menguraikan 5 strategi kuliah tanpa (atau minim) biaya orang tua yaitu beasiswa, pinjaman lunak, kerja sambil kuliah, kerja dulu-kuliah kemudian dan sekolah kedinasan. Karena selama ini buku yang ada di pasaran hanya fokus pada inspirasi beasiswa.
  • Memberikan motivasi kepada para lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan Diploma dan Sarjana. Karena selama ini kebanyakan buku yang ada di pasaran fokus pada inspirasi mengejar S2 di luar negeri.
  • Menampilkan 31 profil para pejuang ilmu lintas jurusan, angkatan, dan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang pernah kuliah tanpa (atau minim) biaya orang tua

 

Testimoni

“Pendidikan ialah hak semua anak bangsa. Namun, kita tidak serta-merta tanggungjawab dibebankan oleh pemerintah karena keterbatasan sumber daya. Buku ini menyadarkan kita untuk turut melunasi salah satu janji kemerdekaan.”

Prof. Suyanto, Ph.D

Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta

 

“Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asalkan kita yakin dengan pertolongan Allah dan tujuan kita. Dobraklah batasmu hingga kamu tahu betapa luar biasanya potensi dalam diri. Semua pasti bisa kuliah.”

 Boimin

Penerima Beasiswa LPDP & Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Pangan  University of Massachusetts (UMASS) Amherst, Amerika Serikat

 

“Buku ini tidak mengajak kita untuk mengabaikan tetapi untuk memahami dan menyiasati batas. Bahwa hidup manusia memang ada keterbatasannya tetapi itu bukan alasan untuk berhenti dan menyerah. Buku ini mengajak para mutiara bangsa untuk melampaui batas itu dengan cara yang kreatif dan menginspirasi.”

I Made Andi Arsana, PhD
Head, Office of International Affairs  Universitas Gadjah Mada

 

“Seperti yang mereka katakan, bakat didistribusikan secara merata, tetapi kesempatan tidak. Banyak anak muda Indonesia yang cemerlang tidak memiliki kesempatan untuk berkembang karena kurangnya akses informasi dan dukungan keuangan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Sejak 2010, melalui pengembangannya di KampusGw.com dan banyak buku lainnya serta ceramah, Agung telah memberikan inspirasi dan motivasi kepada generasi muda untuk mengatasi hambatan dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Dari cara mendapatkan beasiswa, bekerja sambil kuliah, memilih jurusan, pengembangan diri hingga manajemen karier. Buku ini memberikan informasi dan inspirasi yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang membutuhkannya, dan yang paling diuntungkan darinya.”

Dr. James Gifford

Pendiri dan mantan Direktur Eksekutif UN Principles for Responsible Investment  (UNPRI)

Senior Fellow University of Zurich

 

“Menurut saya #MendobrakBatas merupakan buku pedoman terlengkap yang mengenai strategi melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tanpa merepotkan atau membebani biaya orang tua. Harus dibaca, dituturkan kembali dan disebarluaskan kepada para calon pejuang penimba ilmu.”

Naba Aji Notoseputro

Founder BSI Group

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Edit