The Pilot Way

The Pilot Way - Cover

Penerbangan mengajarkan kita begitu banyak. Tentang memandang dan memaknai kehidupan.

Dari proses terbangnya pesawat itu sendiri misalnya. Kita disadarkan bahwa hidup ini adalah perjalanan. Petualangan dari titik A ke titik B. Dari sini kita bisa mengingat siapa diri kita, di mana kita saat ini, dan mau dibawa ke mana hidup ini.

Penerbangan mengajarkan kita untuk memilih. Mau pergi ke kota mana, dengan maskapai apa, di kelas layanan mana, di jam berapa, dan dengan siapa.

Dari bandar udara kita disadarkan  bahwa hidup ini hanyalah persinggahan, bukan tujuan akhir.  Tempat tinggal sementara saja, bukan selamanya.

Dari fisik pesawat, kita diajarkan untuk hidup seimbang. Karena mana mungkin pesawat bisa terbang jika sayapnya hanya satu? Sama halnya dengan burung.

Dalam hidup, apapun yang tidak seimbang itu mendatangkan kehancuran. Itu mengapa sudah semestinya kita memperhatikan semua aspek dalam bingkai harmoni. Mulai dari spiritual, finansial, sosial, intelektual, mental, kesehatan, keluarga, karir, hingga pengembangan diri.

Dari pilot, kita diingatkan bahwa kitalah pemegang kendali kehidupan. Karena pilot yang profesional tahu harus bagaimana bersikap ketika cuaca buruk datang, agar semua penumpang selamat sampai tujuan.

Buku ini mengajak pembaca menyelami makna kepemimpinan dan kehidupan dengan perspektif penerbangan – khususnya pilot. Disajikan dengan gaya bertutur tanpa maksud menggurui, buku ini penuh dengan cerita menggelitik, studi kasus, best practices, dan pembelajaran untuk semua kalangan.

 

TESTIMONI

“Buku ini menggambarkan perjalanan panjang sahabatku Cerah yang penuh liku dalam hidup dan meniti karier di beberapa perusahaan setelah impian menjadi seorang pilot di CAE, Oxford Air Training School, UK untuk menjelajah bentangan langit di tujuh benua; kandas dalam perjalanannya tidak menjadi kenyataan.

Yang menarik dari buku ini adalah adanya prinsip-prinsip dalam penerbangan yang dipakai sebagai referensi untuk meraih keberhasilan dalam hidup yang digambarkannya bagaikan perjalanan seorang pilot dalam merencanakan dan mempersiapkan sebuah penerbangan yang aman, nyaman serta menjadikan keselamatan adalah prioritas utama. Tidak lain adalah penerbangan yang berfokus pada proses ketaatan pada Standard Operating Procedure (SOP) dan segala regulasi yang ada agar keselamatan pesawat yang berada pada genggaman kemudinya dipastikan berjalan dengan baik  mulai dari lepas landas menjelajah di birunya langit hingga mendarat dengan mulus dan selamat mencapai tujuan.

Bagi pembaca yang suka tantangan dan ingin api semangat juangnya terus menyala dalam dirinya, saya sarankan untuk membaca buku ini.

Terimakasih Cerah, terimakasih sahabat. Jadilah penerang membangun generasi penerus, generasi perubahan yang akan membawa bangsa ini ke peradaban yang lebih maju dan menjadi bangsa yang jauh lebih terhormat.”

Capt Suhasril Samad

Vice President Operation, PT Garuda Indonesia Tbk (2005 -2015)

Buku menarik dan mudah dicerna yang disajikan dalam bahasa yang enak dan renyah.  Ditulis oleh dua orang dari dua generasi yang berbeda; buku ini cocok dibaca oleh Baby Boomers, Gen X, milenial maupun Gen Z. Terlebih isinya dituliskan dalam alur penerbangan ala pilot, sarat dengan kisah perjuangan dengan kata-kata bijak nan filosofis yang dapat membangkitkan motivasi untuk berani keluar dari zona nyaman guna meraih kehidupan yang lebih baik demi membahagiakan ibu satu-satunya yang dimiliki penulis sejak kecil.

Buku ini berisi pengalaman penulis sebagai profesional yang meniti karier dari bawah dan pindah-pindah perusahaan yang membawa dirinya piawai sebagai motivator dann senior dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Cocok dibaca bagi siapa saja yang ingin maju, suka tantangan demi karier, masa depan dan kesejahteraan lebih baik.”

Sahat Sianipar

CEO MSA Kargo

Mau menjadi pemimpin yang kuat? Anda bisa belajar dari buku The Pilot Way ini, karena memberikan pemahaman mulai dari apa itu kepemimpinan dan juga ada tools untuk melakukan muhasabah (self- reflection) dan juga dasar manajemen berdasarkan way of thinking seorang pilot yang mementingkan keselamatan  tidak jauh berbeda dengan bidang yang saya geluti yaitu satelit.

Tonda Priyanto

Direktur Utama PT Telkom Satelit Indonesia

“Sanggup memimpin diri sendiri adalah salah satu syarat seorang pemimpin yang baik, kemudian ia sanggup memotivasi bawahan untuk memunculkan performa terbaiknya. Apabila terwujud, itu adalah keberhasilannya dan keberhasilan timnya. Seperti kopi dalam latte, susu tidak akan menghapus rasa kopi tetapi justru memunculkan rasa kopi dan menimbulkan cita rasa baru. Buku ini adalah panduannya.”

Fonda Rafael

Master Trainer Public Speaking, Hypnotheraphy Instructor, Author, Personal Life Improvement Coach, & Motivator

Penumpang tidak akan bisa mencapai destinasinya dengan aman dan nyaman tanpa kepemimpinan pilot yang didukung kerja sama solid dari co-pilot, pramugari, hingga air traffic controller. Demikian juga kita, yang nyata-nyata adalah penumpang dalam kehidupan kita. Sesederhana itulah pesan buku ini.”

Michael Adryanto

Praktisi Manajemen SDM

Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa ini sepertinya tepat untuk menggambarkan manfaat Anda ketika membaca buku ini. Anda bisa belajar kepemimpinan dalam konteks pribadi, pentingnya kerja tim dalam membangun imperium bisnis, dan tentunya makna perjalanan hidup.

Hevy Febriyansyah

General Manager Wira Angkasa Aviation Training Center

“Menakjubkan! Penulis mampu menceritakan rumitnya konsep kepemimpinan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan.”

Jimmy Susanto, CSMT.NLP, ACC

100 Best Global Coaching Leaders Award Winner

“Mau menjadi pemimpin? Anda bisa belajar dari mana saja. Termasuk dari The Pilot Way ini.”

Captain Dharmadi

CEO Flybest Flight Academy

“Setiap orang laksana pilot untuk perjalanan hidupnya sendiri. Setiap pemimpin bisnis ibarat pilot yang menentukan berputarnya roda organisasi. Dua hal ini saya anggap paling mewakili pesan dari lahirnya buku ini.”

Yohanes Grady Irawan

First Officer Garuda Indonesia

The Pilot Way is awesome! Destinasi kita adalah tujuan hidup kita.  Baik sebagai pilot untuk diri kita sendiri, keluarga, maupun orang lain.  Pilihan cara (strategi), dan implementasi mencapai destinasi sangatlah menentukan pencapaian hasil akhir (sampai ke tujuan destinasi). Be focused and different we will reach our destination!

Dr. Adi Nurmahdi, MBA

Director of Inovation, Alumni & International Cooperation

Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
Edit